1.
Roda analisis Perilaku Konsumen
ada 3, sebutkan dan jelaskan!
1. Elemen
Efeksi dan Kognisi
Jawab : Elemen
efeksi dan kognisi merupakan dua tipe
tanggapan internal psikologis pada diri konsumen terhadap rangsangan lingkungan
dan kejadian yang berlangsung. Efeksi melibatkan perasaan, sedangkan kognisi
melibatkan pikiran. Tanggapan efeksi beragam, misalnya penilaian positif-
negatif, rasa senang-tidak senang.
Keragaman tanggapan dapat melibatkan emosi (cinta, marah), melibatkan
tingkat perasaan (kepuasan, frustasi), dan tergantung pada suasana hati
(kebosanan) serta melibatkan evaluasi (suka-tidak suka).
Kognisi
merupakan proses mental dan psikologis serta struktur pengetahuan yang
dilibatkan dalam tanggapan seseorang terhadap lingkung-annya. Hal tersebut termasuk pengetahuan yang
didapat dari pengalaman dan pengetahuan yang telah tertanam dalam memori. Proses psikologi yang termasuk dalam aspek
kognisi diantaranya perhatian dan pemahaman terhadap aspek lingkungan, mengingat
kejadian masa lalu, pembentukan evaluasi, dan pembuatan keputusan
pembelian. Aspek kognisi bias terjadi
melalui proses berpikir sadar ataupun dapat terjadi secara tidak sadar dan
otomatis.
2. Lingkungan
Jawab
: Elemen lingkungan (environment)
adalah menujuk pada rangsangan fisik dan social yang komplek di luar diri
(eksternal) konsumen. Diantaranya adalah
benda-benda, tempat dan orang lain yang dapat mempengaruhi efeksi, kognisi
serta perilaku konsumen.
3. Perilaku
Jawab
: Dalam Peter dan Olson (1999) yang dimaksudkan dengan
perilaku (behavior) adalah tindakan
nyata konsumen yang dapat diobservasi secara langsung.
2.
Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi pembelian secara online (pilih salah satu online shop)!
Jawab : Keputusan membeli secara
online dipengaruhi oleh (Deavaj et al. 2003) :
1. Efisiensi untuk pencarian (waktu
cepat, mudah dalam penggunaan, dan usaha pencarian mudah).
2.
Value (harga bersaing dan kualitas
baik), dan
3. Interaksi
(informasi, keamanan, load time, dan navigasi).
Tokopedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang
memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan
mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis,
sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman.
Jual beli online menjadi lebih menyenangkan. Di Tokopedia selain kita menjadi
konsumen kita juga bisa menjadi reseller. Ini alasan beberapa konsumen
menggunakan jasa Tokopedia, di antaranya yaitu :
a.
Buka toko online praktis dan gratis!
Buka toko
online di tokopedia tidak dipungut biaya, dan pengelolaannya juga sangat mudah.
Anda otomatis mendapatkan sub-domain dan tools ecommerce lengkap mulai dari
management toko, produk, hingga transaksi.
b.
Asisten pribadi gratis!
Buat Anda
yang membuka toko online di Tokopedia, anda juga akan mendapatkan fitur Asisten
Pribadi, gratis! Semua order yang anda terima lewat website tokopedia sudah
melalui verifikasi pembayaran dari kami.
c.
Perluas pasar dan tingkatkan penjualan Anda
Akan lebih
banyak mata yang melihat ke etalase Anda, sehingga potensi terjadinya transaksi
dari pasar-pasar baru yang selama ini belum Anda jangkau akan semakin lebih
besar.
d.
Transaksi yang lebih aman
Seluruh
transaksi jual-beli yang dilakukan di Tokopedia adalah melalui nomor rekening
Tokopedia sebagai escrow-account. Tokopedia juga selalu rutin melakukan
moderasi untuk pengalaman transaksi yang lebih aman.
e.
Tracking Order
Tokopedia
terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah Anda
untuk memantau status pengiriman barang Anda.
f.
Komunitas Jejaring Sosial
Tokopedia
juga didukung dengan fitur ala komunitas jejaring sosial lewat Talk About It
dimana kamu bisa ngobrol asik tentang produk. Karena di Tokopedia, Belanja
online aman dan nyaman.